Kisah Asal Nama Singapura

Ratusan tahun yang lalu hiduplah Sang Nila Utama, Raja Sriwijaya. Pada suatu hari, ditemani beberapa pengawal setianya, Raja pergi berlayar. Di perjalanan angin topan datang. Para pengawal mengusulkan agar Raja membatalkan niatnya. “Paduka, sungguh berbahaya meneruskan perjalanan pada saat seperti ini. Lebih baik kita singgah dulu ke tempat yang aman. Kalau hamba tak keliru, tempat terdekat dari sini adalah Pulau Tumasik. Bagaimana kalau kita ke sana sambil menunggu keadaan tenang,” kata kapten kapal. Raja setuju. Perahu mereka pun merapat ke Pulau Tumasik.

Setelah mendarat, Raja meninggalkan kapal dan berkeliling melihat-lihat pulau itu. Ketika berkeliling itulah tiba-tiba seekor binatang berkelebat tak jauh darinya. Raja terkejut dan terpukau. Binatang itu begitu besar, berwarna keemasan, dan tampak gagah. “Mahluk apakah itu?” tanya sang Raja. “Kalau hamba tak salah, orang-orang menyebutnya singa, Yang Mulia,” jawab salah seorang pengawal. “Apa?” tanya sang Raja. “Singa” jawab pengawal tadi.

Raja lalu minta keterangan lebih banyak tentang biantang yang baru pertama kali dilihatnya itu. Dengan penuh perhatian Raja mendengarkana penjelasan pengawalnya. “Kalau begitu, kita beri nama tempat ini Singapura. Artinya: Kota Singa”. Sejak itulah kota itu bernama Singapura.

Daftar Cerita

Kisah si Kancil dan Siput

Kisah si Kancil dan Buaya

Kisah Raja Yang Bodoh Sekali

Kisah Domba yang Cerdik dan Harimau Bodoh

Kisah Singa dan Tikus

Kisah Raksasa Yang Egois

Kisah Rajawali Yang Cerdik

Kisah Anak Katak Yang Sombong dan Anak Lembu

Kisah Aladin dan Lampu Ajaib